Sambal Terasi, Kepedasan Ternikmat

Sambal adalah salah satu makanan pendamping khas Indonesia yang tak terpisahkan.

Bayangkan saja, nasi putih hangat yang empuk, putih, dan manis bersatu dengan sensasi rasa pedas ulekan cabai merah yang kasar. Belum lagi kalau ada tambahan lauk gurih, dijamin makan pasti bakal tambah nikmat.

Chef Vindex Tengker mengungkapkan bahwa sambal digemari karena orang Indonesia sangat suka aneka makanan bercita rasa kuat.


"Jadinya sambal adalah makanan pendamping yang penting untuk orang Indonesia," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Bukan hanya satu atau dua jenis sambal yang Indonesia punya. Sebaliknya, Indonesia sebenarnya kaya dengan ragam jenis sambal dari seluruh daerah di Indonesia.

Meski belum terdokumentasi dengan resmi namun Indonesia memiliki banyak sambal yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.


Jakarta sendiri, sebagai Ibu Kota Indonesia sudah mengenal beragam sambal khas dari berbagai daerah. Ada banyak rumah makan, restoran, hotel bintang lima, dan koki-koki yang berpikir untuk memperkenalkan sambal daerah untuk warga Jakarta, dan juga tamu-tamu asing.

Sambal terasi, sambal mangga, sambal ijo khas Padang, sambal matah Bali, sambal andaliman, sampai sambal plecing Lombok pun populer di lidah banyak orang.

Hanya saja, dari sekian banyak sambal khas tersebut, sambal apa yang dinobatkan jadi sambal terpopuler?

Berdasarkan polling yang dilakukan CNNIndonesia.com lewat media sosial terhadap 450 responden, sambal yang jadi nomor satu adalah sambal terasi.

Sambal terasi dipilih sebagai sambal paling enak oleh 47 persen responden.


Sambal terasi sendiri terpilih karena rasa sambalnya yang unik. Dengan sensasi rasa terasi yang khas dan gurih karena penggunaan udang, sambal terasi pun memiliki cita rasa khas yaitu pedas, gurih, dan sedikit manis.

Di posisi ke dua, sambal terenak ditempati oleh sambal ijo. Sambal ijo ini berhasil memikat sekitar 30 persen responden.

Sedikit berbeda dengan sambal lainnya, sambal ijo ini memang memiliki warna yang hijau karena dibuat dari cabai hijau besar. Sambal khas Padang ini memang biasa jadi penambah lezatnya hidangan nasi padang. Bayangkan lezatnya nasi padang dengan kuah dan daging rendang yang lembut, daun singkong rebus, dan mentimun iris. Jangan lupa cocolkan dengan sambal ijo gurih lezat yang berminyak.

Di bawah sambal terasi dan sambal ijo, penggemar sambal bawang juga unjuk gigi. Sambal bawang ini dipilih menjadi sambal terenak oleh 16 responden.


Sambal bawang ini disukai karena gurih dan sensasi pedas yang lebih nyata dibanding sambal lainnya. Sambal bawang ini biasanya merupakan campuran bawang putih, bawang merah, dan juga cabai rawit merah yang super pedas.

Di posisi buncit, sambal mangga dipilih oleh tujuh orang responden. Mereka menilai tambahan irisan mangga muda yang asam segar yang digabungkan dengan cabai pedas memberikan sensasi tersendiri saat disantap bersama makanan yang terlalu berminyak atau terlalu pekat

No comments:

Post a Comment

Pages