Resep Membuat Sambal Mudah untuk Anak Kos yang Jauh Dari Rumah

Salah satu masakan khas Indonesia yang kayaknya gak pernah bisa lepas adalah sambal. Yap meski kadang sudah tinggal jauh di negeri orang makanan satu ini seolah tidak bisa dilupakan. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak jenis sambal terasi yang pasti gak akan bikin bosan.

Nah untuk itulah kali ini   akan mengajakmu mengintip tujuh resep sambal mudah yang bisa dibuat oleh anak kost sekalipun:


1. Buat kamu yang gak mau ribet tapi tetap ingin makan sambal, membuat sambal kecap bisa jadi andalan.


Kumpulan Resep Membuat Sambal Mudah untuk Anak Kos yang Jauh Dari Rumah

Di antara beberapa jenis sambal sederhana mungkin sambal kecap adalah yang paling mudah membuatnya. Kamu tidak perlu repot mengulek atau memblender sambal ini karena hanya perlu mengiris bahan-bahan pembuatnya saja.

Bahan

- 10 buah cabe rawit
- 3 buah bawang merah
- Garam secukupnya
-  Kecap manis
- Jeruk limau/cuka
- 1 buah tomat segar

Cara membuat

- Iris halus cabe rawit
- Cincang kasar bawah merah
- Potong kotak-kotak tomat
- Campur irisan cabe dan bawang ke dalam mangkuk. Berikan garam, jeruk limau/cuka, dan tomat segar.
- Aduk sampai rata
- Sajikan


Sambal kecap ini sangat cocok dimakan bersama aneka ikan bakar, goreng dan juga seafood. Tidak hanya mudah membuatnya sambal kecap juga terkenal sangat enak.

2. Kenikmatan sambal bawang memang tidak bisa didustakan. Hampir semua makanan cocok dimakan bersama sambal satu ini.


Kumpulan Resep Membuat Sambal Mudah untuk Anak Kos yang Jauh Dari Rumah

Sambal yang super popular ini memang jadi favorit banyak orang. Kalau kamu iseng makan di warung-warung kaki lima atau restoran misalnya sambel bawa seringkali muncul. Walaupun rasanya sederhana tapi kenikmatan sambal bawang selalu sukses menggugah selera. Nah untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya ikuti saja resep berikut:

Bahan

- 15 buah cabe rawait
- 5 butir bawang merah
- 1 sdm garam
- 1 sdt merica
- 1 sdt gula pasir
- 5 sdm minyak goreng

Cara Membuat


- Haluskan cabe rawit dan bawang merah
- Tambahkan garam, merica, dan gula pasir
- Setelah selesai tumis sambal menggunakan minyak hingga wangi
- Sajikan

Bagi kamu yang suka pedas jumlah cabe rawit dan merica bisa ditambah sesuai selera. Oh ya untuk sambal bawang kamu gak perlu bingung enaknya dimakan pakai apa. Karena mulai dari ayam, telor, sampai tempe goreng pun nikmat dimakan menggunakan sambal bawang.

3. Goyang lidahmu dengan sambal merah yang enaknya sulit ditandingi.



Tidak cuma sambal bawang saja yang layak disebut primadona. Sambal merah juga banyak kok fansnya. Kamu yang memang punya lidah Indonesia banget pasti gembira deh lihat sambal merah tersaji di atas meja makan. Biar gak cuma bayangin saja yuk lihat resep dan cara membuat sambal merah berikut ini:

Bahan

- 15 buah cabe merah keriting
- 3 buah cabe rawit merah
- 7 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 buat tomat merah segar
- 2 lembar daun jeruk
- Garam, merica, gula pasir secukupnya
- 50 ml air
- Minyak untuk menumis

 Cara Membuat

- Haluskan cabe merah keriting, cabe rawit merah, bawang putih dan merah.
- Jika sudah selesai panaskan minyak dan tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk.
- Setelah wangi masukkan air, garam, merica, dan gula pasir.
- Tunggu sampai sambal matang dan agak mengental lalu sajikan.

Kalau sambalnya sudah masak kamu tinggal ambil nasi panas dan cari lauknya deh. Gak perlu repot karena sambal merah ini dimakan pakai tahu atau tempe goreng saja enaknya sudah maksimal.

4. Meskipun baunya agak menganggu, tapi jangan remehkan kenikmatan sambal petai yang memiliki fansnya tersendiri.



Selain jengkol makanan berbau tajam lainnya yang punya banyak fans adalah petai. Ya tidak hanya jadi lalap saja petai juga nikmat dibuat sambal. Kalau kamu memang suka dan ingin makan sambal ini, berikut   kasih tahu cara membuatnya:

Bahan

 - 2 buah papan petai, buka, dan belah dua bijinya
- 6 buah cabai merah besar
- 2 siung bawang putih
- 4 cabe rawit merah
- 2 butir kemiri
- 1 sdt gula merah
- 50 ml air
- ½ sdt garam
- Minyak untuk menumis

Cara Membuat

- Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai merah besar, cabe rawit merah, kemiri, bawang putih, dan juga gula merah.
- Jika sudah halus tumis bumbu halus lalu masukkan petai.
- Tunggu sampai petai agak layu dan terakhir tambahan garam.
- Sajikan

Kenikmatan sambal petai ini memang sulit diragukan. Nikmatnya lagi kamu bisa memakan sambal petai dengan lauk apapun. Tapi nih menurut   lauk yang paling tepat ya ikan asin goreng. Iya enggak?

5. Sensasi rasa pedas dan asam memang bikin orang ketagihan sama sambal mangga muda.


Rasa asam pedas yang ada pada sambal manggal muda memang membuat sambal satu ini banyak dicari. Ketika memakan sambal ini banyak orang mengaku suka dengan sensasi rasa segar yang ada. Makanya tak heran kalau banyak orang penasaran mengenai bahan dan cara membuat dari sambal satu ini. Nah biar kamu gak ikut penasaran juga berikut ini  bocorin cara membuatnya:

Bahan

- 200 gram mangga mengkal iris halus
- 1 sdt air jeruk nipis
- 5 buah cabe rawit merah
- 5 buah cabe rawit hijau
- 3 buah bawang merah
- 1 sdt terasi
- ¼ sdt garam
- 1/8 sdt gula pasir

Cara Membuat

- Sebelum di haluskan goreng terlebih dulu bahan-bahan seperti: rawit merah, rawit hijau, bawang merah, dan terasi.
- Jika sudah digoreng haluskan bahan tersebut tambahkan garam dan gula pasir.
- Terakhir campurkan air jeruk nipis dan irisan buah mangga.
- Sajikan

Kalau sambal mangga sudah matang silahkan cari lauk pendampingnya. Menurut   nih lauk yang paling cocok yang cumi atau ikan goreng sih. Kalau ketemu dua lauk ini dan sambal mangga di jamin porsi makan akan nambah.

6. Kalau lagi kangen suasana lebaran coba deh sesekali cobain masak sambal goreng kentang.



Jauh dari rumah memang gak ada enak-enaknya. Selain rindu sama orangtua hal lainnya yang tak kalah menyiksa adalah keinginan menyantap masakan mama. Nah biar rasa rindu sedikit terobati tuk bikin masakan rumah yang pasti ada saat hari lebaran tiba yakni sambal goreng kentang. Gimana cara membuatnya:

Bahan

- ½ kg gram kentang, kupas kulit potong dadu cuci lalu tiriskan
- 1 papan petai, buang kulit, dan belah dua
- 2 cm lengkuas digeprek
- 2 lembar daun jeruk
- 1 lembar daun salam
- 1 batang serai geprek
- 2 sdm air asam jawa
- 1 sdm gula merah
- 200 ml santan
- minyak goreng secukupnya

Bahan halus

- 7 buah cabe merah
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 buah tomat
- 1 cm jahe
- 4 butir kemiri
- 1 sdt garam

Cara Membuat

- Panaskan minyak dan goreng kentang yang tadi sudah dipotong dadu hingga berwarna kecoklatan lalu tiriskan.
- Tumis semua bumbu halus lalu tambahkan serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam, garam dan petai hingga harum. Jika sudah masukkan santan, gula merah, dan air asam jawa aduk hingga merata.
- Apabila air santan sudah mulai kering masukkan kentang goreng dan masak terus hingga kuahnya betul-betul habis.
- Sajikan.

Kenikmatan sambal goreng kentang ini hanya perlu ditambahkan satu makanan utama yakni nasi panas. Akan makin maknyus rasanya kalau makan bersama kerupuk yang menjadi pelengkap penyempurna.

 7. Sambal terasi selalu sukses meningkatkan nafsu makan. Sambal klasik ini rasanya memang bisa diterima oleh semua orang.



Kalau mendengar nama sambal terasi kamu pasti sudah tak asing lagi. Rasanya sudah dari kecil kita mengenal jenis sambal yang satu ini. Ya rasanya yang enak apalagi tercampur aroma terasi memang mampu membuat siapa saja tergoda. Buat kamu yang ingin mencoba masak sambal terasi yuk praktekkan dengan resep ini:

Bahan:

- 10 buah cabe rawit merah dan hijau
- 10 buah cabe keriting merah
- 1 sdm terasi
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdm gula merah
- ½ sdt garam
- 100 ml air
- 1 cm lengkuas memarkan
- 1 lembar daun salam
- 1 buah tomat iris tipis
- 1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

- Haluskan semua bahan di atas (tapi jangan terlalu halus) kecuali daun salam, lengkuas, dan juga irisan tomat.
- Jika sudah selesai tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, lengkuas, dan juga irisan tomat sambil masukkan air. Masak hingga mendidih dan mengental.
- Sajikan

Tidak berbeda jauh dengan sambal bawang, sambal terasi juga tipe sambal yang cocok dimakan bersama lauk apapun. Bagi kamu yang memang doyan pedas bisa loh menambah jumlah cabe sesuai dengan keinginan.

Jadi dari resep-resep di atas mana nih yang ingin kamu coba terlebih dahulu?

No comments:

Post a Comment

Pages